Penggunaan Metode Langsung Dengan Media Youtube Untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa Dalam Maharah Istima’

Yulisma, 180202084 (2023) Penggunaan Metode Langsung Dengan Media Youtube Untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa Dalam Maharah Istima’. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Langsung Dengan Media Youtube Untuk  Meningkatkan Penguasaan Siswa Dalam Maharah Istima’] Text (Penggunaan Metode Langsung Dengan Media Youtube Untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa Dalam Maharah Istima’)
Yulisma, 180202084, FTK, PBA, 085260209686.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di MAN 4 Aceh selatan, menunjukkan bahwa guru tidak menggunakan metode dan media yang cocok dalam pembelajaran bahasa arab, sehingga membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran bahasa Arab, dan mereka juga kurang merespon saat mempelajarinya. Dari masalah yang didapatkan maka peneliti menulis skripsi yang berjudul “Penggunaan Metode Langsung Dengan Media Youtube Untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa Dalam Maharah Istima’. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan metode langsung dengan media youtube untuk meningkatkan kemampuaan mendengar siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Experiment Research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi, dan tes yang berkaitan dengan pre test dan post test menggunakan uji normalitas dan uji T dengan menggunakan SPSS. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 sampai 3 yang berjumlah 284 siswa-siswi MAN 4 dan sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 1 MAN yang berjumlah 24 siswa/i. Dan hal ini diketahui dari perkiraan hasil nilai observasi kegiatan guru dengan nilai P= 90% dan kegiatan siswa dengan nilai P= 85% keduanya berada pada batasan 81-100% yang berarti sangat baik. Adapun hasil pre test dan post test memperoleh tingkat signifikan (2- tailed) 0,000<0,05. Ini menunjukkan bahwa Hipotesis (Ha) diterima dan Hipotesis (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yulisma Yulisma
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:28
Last Modified: 03 Feb 2023 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26421

Actions (login required)

View Item
View Item