Implementasi Dakwah Kantor Urusan Agama (Kua)Dalam Membina Keluarga Sakinah (Studi Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya)

Yasrut Thaibah, 180403060 (2023) Implementasi Dakwah Kantor Urusan Agama (Kua)Dalam Membina Keluarga Sakinah (Studi Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Implementasi Dakwah Kantor Urusan Agama (Kua)Dalam Membina Keluarga Sakinah (Studi Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya)] Text (Implementasi Dakwah Kantor Urusan Agama (Kua)Dalam Membina Keluarga Sakinah (Studi Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya))
Yasrut Thaibah, 180403060, FDK, MD, 085226251635.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Implementasi Dakwah Kantor Urusan Agama (KUA) dalam Membina Keluarga Sakinah di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya”. Adapun permasalahan pada yang terjadi adalah dalam mengimplementasikan dakwahnya, terdapat beberapa kekurangan yaitu: 1) sulitnya menyamakan jadwal dengan siswa sekolah yang juga menjadi sasaran dakwah tentang keluarga sakinah, 2) calon pengantin belum paham mengenai dasar-dasar Islam mengenai pernikahan karena materi-materi yang dasar yang dibutuhkan oleh calon pengantin tidak tercover secara penuh dengan program yang berjalan sekarang, dan 3) tidak tepatnya sasaran dakwah pada saat melakukan penyuluhan di majelis ta'lim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang, yaitu; kepala/penghulu KUA dan penyuluh agama serta 8 orang masyarakat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa KUA Kecamatan Susoh memiliki pola pembinaan tersendiri dalam menyampaikan dakwah tentang keluarga sakinah yaitu; pola pembinaan Islami, psikologi, dan rohani. Metode dakwah yang dilakukan KUA Kecamatan Susoh yaitu dengan menghimbau dan memberikan jadwal kepada para pengantin agar dapat mengikuti bimbingan, dan materi yang disampaikan berdasarkan modul tersebut yaitu tentang; cara membangun keluarga sakinah, merencanakan perkawinan yang kokoh, dinamika pernikahan, generasi berkualitas, ketahanan keluarga dan cara mengelola konflik. Serta hambatan yang sering terjadi calon pengantin belum memahami secara mendalam ilmu pernikahan, kemudian pada kegiatan penyuluhan di masyarakat melalui majelis ta’lim, target yang ingin dicapai oleh pihak KUA terkadang tidak sesuai dengan target yang telah direncanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Yasrut Thaibah
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:27
Last Modified: 03 Feb 2023 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26429

Actions (login required)

View Item
View Item