Peran Pemerintah Gampong Dalam Optimalisasi Penyerapan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Gampong Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar.

Tengku Rey Sultan, 160802001 (2023) Peran Pemerintah Gampong Dalam Optimalisasi Penyerapan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Gampong Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Pemerintah Gampong Dalam Optimalisasi Penyerapan Anggaran Pendapatan Dan  Belanja Gampong Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar] Text (Peran Pemerintah Gampong Dalam Optimalisasi Penyerapan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Gampong Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar)
Tengku Rey Sultan, 160802001, FISIP, IAN, 081360410607.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) adalah representasi bagaimana pemerintahan desa dapat mencapai tujuan yang spesifik dalam membangun dan mengatur desa. dalam pengelolaan APBG ada peran aktif dari pihak pemerintah desa dan perangkat desa yang memastikan APBG dikelola secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah gampong dalam optimalisasi penyerapan APBG di Gampong Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Gampong Meunasah Papeun telah berperan secara optimal dalam penyerapan APBG, hal ini dapat dilihat dari telah dijalankannya berbagai peran yang dilakukan oleh pemerintah gampong, adapun peran pemerintah gampong meliputi, peran sebagai pembuat strategi, peran pemerintah gampong sebagai pengambil kebijakan, peran pemerintah gampong sebagai alat komunikasi serta peran pemerintah gampong sebagai alat penyelesaian. adapun tantangan yang dihadapi oleh pemerintah gampong dalam penyerapan APBG adalah adanya perbedaan peraturan antara peraturan Bupati Aceh Besar dan peraturan pemerintah dalam hak pemberian gaji bagi perangkat desa yang berstatus PNS. Dimana hal ini menyebabkan terjadinya SILPA pada APBG karena adanya perbedaan penetapan gaji bagi perangkat desa dari kedua peraturan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pemerintah Gampong telah berperan secara optimal dalam penyerapan APBG walaupun di dalam pelaksanaannya masih terdapat SILPA, dimana SILPA ini berasal dari adanya perbedaan peraturan antara Bupati Aceh Besar dan peraturan pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pemerintah Gampong, Optimalisasi Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Teuku Rey Sultan Rey
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:17
Last Modified: 06 Feb 2023 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26432

Actions (login required)

View Item
View Item