Pengembangan Media Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam

Juliati Br Zega, 170208064 (2023) Pengembangan Media Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam] Text (Pengembangan Media Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam)
Julia BR Zega, 170208064, FTK, PKM, 085830347386.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran augmented reaity berbasis android pada materi struktur atom dilaksanakan di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam. Penelitian ini dilatar belakangi minimnya penggunaan media saat pembelajaran struktur atom sehingga membuat siswa kurang tertarik dan kurang termotivasi untuk belajar. Media yang digunakan pada penelitian ini berupa media pembelajaran menggunakan augmented reality berbasis android. Metode yang digunakan pada augmented reality adalah marker based tracking dan terdapat beberapa fitur didalam aplikasi yaitu menu kuis, about, profil, kopetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, apersepsi, materi, scan camera, 7 objek 3D dengan animasi dan rotation objek. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui valid atau tidaknya media augmeneted reality berbasis android, respon guru terhadap media pembelajaran augmeneted reality berbasis android dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran augmented reality berbasis android pada materi struktur atom dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Sugiyono. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi dan angket sedangkan teknik pengumpulan data berupa validasi, angket respon guru dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari skor rata-rata persentase kevalidan media pembelajaran augmented reality oleh pakar ahli/validator adalah 96,35% dengan kriteria sangat valid. sedangkan data hasil uji coba kepada guru kimia sebagai responden diperoleh skor persentase rata-rata 100% dengan kategori sangat tertarik dan uji coba kepada 30 siswa sebagai responden diperoleh skor rata-rata persentase 88,61% dengan kategori positif. Dengan demikian media pembelajaran augmented reality berbasis android pada materi struktur atom dapat dikembangkan di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Juliati Br Zega Juli
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:36
Last Modified: 10 Feb 2023 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26434

Actions (login required)

View Item
View Item