Analisis Tingkat Pendapatan Sales Tetap Dan Sales Kontrak Pada Dealer Honda Dalam Persperktif Akad Samsarah (Suatu Penelitian Di Kota Banda Aceh)

Yeni Erwinda, 150102102 (2022) Analisis Tingkat Pendapatan Sales Tetap Dan Sales Kontrak Pada Dealer Honda Dalam Persperktif Akad Samsarah (Suatu Penelitian Di Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Akad Samsarah] Text (Akad Samsarah)
Yeni Erwinda, 150102102, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Makelar atau perantara dalam menjembatani suatu transaksi jual beli, pada zaman modern sekarang ini sangatlah penting artinya. Makelar dalam orang yang bertindak sebagai penghubung antara 2 (dua) orang pihak yang berkepentingan. Sistem yang digunakan oleh Dealer Honda adalah sistem agen terhadap pekerjanya dikarenakan penjualan yang tidak menetap. Kemudian kinerja dan pendapatan masing-masing sales itu berbeda sehingga mempengaruhi tingkat penjualan. Hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Sistem Pengupahan Sales Tetap dan Kontrak Pada Dealer Honda Kota Banda Aceh, Bagaimana pengaruh kinerja sales kontrak dan sales tetap pada penjualaan motor pada dialer honda di Banda Aceh, Bagaimana Analisis Tingkat Pendapatan Sales Tetap dan Sales Kontrak Menurut Akad Samsarah. Skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis. data primer dengan melakukan observasi participant dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Pengupahan yang dilakukan dealer Honda di Kota Banda Aceh tergantung pada posisi kerja atau jabatan kerja, dengan menambahkan insentif kerja sesuai dengan target penjualan. Pada dealer Honda yang ada di Banda Aceh motivasi yang diberikan adalah berupa arahan. dapat dijelaskan bahwa para pekerja mendapatkan motivasi tersebut sebagai suatu penutan agar segala sesuatu yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik. Menurut perspektif hukum Islam mengatakan akad perjanjian pada dealer Honda ini sah untuk dilakukan. Dalam hukum Islam makelar ini disebut dengan simsar. Sesuai dengan hasil penelitian membenarkan bahwa pihak perusahaan melakukan sistem adanya makelar dalam proses penjualan sepeda motor. Hal ini tentu saja dibolehkan dalam hukum Islam yang disebut dalam akad samsarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yeni Erwinda Yeni
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:09
Last Modified: 20 Feb 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26435

Actions (login required)

View Item
View Item