Kepemimpinan Perempuan dalam Pengelolaan Job Description Guru di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar

Isra Rahmayanti, 180206122 (2023) Kepemimpinan Perempuan dalam Pengelolaan Job Description Guru di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kepemimpinan Perempuan dalam Pengelolaan Job Description Guru di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar] Text (Kepemimpinan Perempuan dalam Pengelolaan Job Description Guru di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar)
Isra Rahmayanti (180206122).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Dalam manajemen, kepemimpinan perempuan sebagai kepala sekolah sangat memungkinkan untuk mewujudkan mutu yang baik terhadap tenaga pendidik. Pembagian job description guru di sebuah lembaga pendidikan harus benar-benar tersusun dan memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Permasalahan yang terjadi adalah penempatan job description yang diberikan kepala sekolah perempuan terhadap guru di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar yang belum sesuai dengan kemampuannya, hal tersebut akan berdampak pada terhambat nya pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian ini diharapkan kepada kepala sekolah perempuan di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar dalam pembagian job description guru harus memenuhi syarat dengan menetapkan strategi perencanaan yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ialah kepala sekolah perempuan, waka kurikulum, dan 2 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah perempuan dalam penempatan job description guru yaitu dengan perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah perempuan melalui rapat bersama waka kurikulum dan staf pengajaran, kemudian langkah selanjutnya melakukan pembagian job description guru melalui rapat yang dilaksanakan bersama para guru secara langsung. Adapun kebijakan yang dilakukan kepala sekolah perempuan dalam menunjang implementasi pengelolaan job description guru yaitu dengan pelaksanaan 1) memberikan tanggung jawab kepada guru sesuai dengan job yang telah ditetapkan, 2) melakukan pembinaan kepada guru, 3) memberikan kesempatan waktu untuk menyusun RPP, 4) menyediakan roster pembelajaran, 5) menyediakan sarana dan prasarana, dan 6) peserta didik yang siap untuk mengikuti pembelajaran, selanjutnya kepala sekolah perempuan melakukan pengarahan dan yang terakhir membuat evaluasi, baik evaluasi tahunan, semesteran, dan harian. Kendala yang dihadapi kepala sekolah perempuan dalam pengelolaan job description guru di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar yaitu karakter guru yang kurang disiplin dalam menjalankan tugas, serta ingin menentukan sendiri job yang akan dilaksanakan, dan kurangnya SDM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Isra Rahmayanti
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:25
Last Modified: 03 Feb 2023 08:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26437

Actions (login required)

View Item
View Item