Perancangan Galeri Seni Rupa di Banda Aceh

Mohd Ismi Novarhan, 160701112 (2023) Perancangan Galeri Seni Rupa di Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Galeri seni rupa di Banda Aceh dengan mengusung tema arsitektur kontemporer.] Text (Galeri seni rupa di Banda Aceh dengan mengusung tema arsitektur kontemporer.)
Mohd Ismi Novarhan, 160701112, FST, ARS, 082370137064.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Aceh merupakan daerah yang memiliki kebudayaannya sendiri, salah satu seni yang menjadi terapan di Aceh adalah seni rupa. Seni rupa merupakan seni yang membutuhkan galeri seni sebagai wadah bagi para seniman untuk memamerkan karyanya dan juga wadah bagi karya-karya yang bernilai sejarah untuk dipamerkan kepada masyarakat umum. Di Banda Aceh sendiri eksistensi galeri seni rupa masih menjadi hal yang jarang terlihat oleh masyarakat umum sehingga para perupa seringkali melakukan kegiatan atau pameran seni rupa di tempat yang tidak tentu. Sedangkan galeri yang sudah ada seperti di taman budaya hanya memamerkan karya jikalau hanya terdapat event tertentu saja.

Oleh karena itu, diperlukan galeri seni rupa yang dapat mewadahi karya-karya para perupa Aceh secara berkelanjutan dan juga menjadi pusat seni rupa bagi para seniman yang ada di Aceh. Dengan adanya gedung galeri seni yang tetap maka pameran kesenian rupa akan tetap berlangsung tidak hanya ketika ada event besar saja. Melalui galeri seni, masyarakat dapat mengetahui karya-karya seperti apa yang sedang berkembang. Seniman lokal juga bisa menuangkan ide-ide kreatifnya melalui galeri seni yang nantinya akan melalui proses apresiasi masyarakat, sehingga seniman tersebut dapat dikenal baik melalui karya-karyanya.

Perancangan ini dilakukan dengan pendekatan tema arsitektur kontemporer. Arsitektur kontemporer yaitu metode perancangan yang mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan penerapan prinsip-prinsip yang tidak terpaku oleh zaman tertentu. Penerapan tema ini didasari oleh pesatnya perkembangan seni, dengan tujuan agar menciptakan galeri yang mampu mengakomodasi seni kontemporer dan perkembangannya, untuk meningkatkan kualitas dan apresiasi seni di tengah masyarakat. Dengan adanya galeri seni rupa dengan tema kontemporer ini diharapkan seni rupa di Aceh akan terus berkembang dan menjadi pusat kesenian rupa di Banda Aceh baik bagi para seniman maupun bagi masyarakat luas.

Kata Kunci: seni rupa, galeri, kontemporer, seniman

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Mohd Ismi Novarhan
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:01
Last Modified: 07 Feb 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26443

Actions (login required)

View Item
View Item