Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia

Luthfi Auni, 2018116001 (2019) Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

[thumbnail of Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia] Text (Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia)
Laporan Penelitian 2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kurikulum KKNI pada PTKIN yaitu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Gunung Djati Badung sudah berjalan dengan baik, Kurikulum KKNI di dua perguruan tinggi ini berjalan dengan pesat, seiring dengan tuntutan dan kewajiban dalam penembangan kurikulum sekarang ini sesuia dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia no 8 tahun 2012 yang di dalamnya antara lain mengatur tentang: jenjang, penyetaraan, dan penerapan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia. Hasil penelitian diperoleh beberapa temuan antara lain bahwa penerapan kurikulum KKNI di PTKIN di Indonesia sedang dalam proses, terbukti di beberapa perguruan tinggi agama Islam Negeri di Indonesia seperti di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Gunung Djati Bandung sudah hampir semua matakuliah di setiap prodi sudah di integrasi ke kurikulum KKNI, hampir mencapai seratus persen. Berbeda dengan beberapa perguruan tinggi keislaman Negeri lainnya di Indonesia yang masih jauh tertinggal, ini menjadi masukan bagi perguruan tinggi lainnya untuk lebeh terpacu dalam menjalankan kurikulum KKNI.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), PTKIN
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Luthfi Auni
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:44
Last Modified: 07 Feb 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26446

Actions (login required)

View Item
View Item