Luthfi Auni, 2018116001 and M. Chalis, 2008017201 (2020) Pola Integrasi Kurikulum 2013 (K13) terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Laporan Penelitian 2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pola Integrasi Kurikulum 2013 (K13) Terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berjalan dengan pesat, seiring dengan tuntutan dan kewajiban dalam penembangan kurikulum sekarang ini sesuia dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia no 8 tahun 2012 yang di dalamnya antara lain mengatur tentang: jenjang, penyetaraan, dan penerapan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia. Hasil penelitian diperoleh beberapa temuan antara lain bahwa Integrasi Kurikulum 2013 (K13) Terhadap Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri sedang dalam proses, terbukti di beberapa perguruan tinggi agama Islam Negeri di Indonesia seperti di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sudah hampir semua matakuliah di setiap prodi sudah di integrasi ke kurikulum KKNI, hampir mencapai seratus persen. Berbeda dengan beberapa perguruan tinggi keislaman Negeri lainnya di Indonesia yang masih jauh tertinggal, ini menjadi masukan bagi perguruan tinggi lainnya untuk lebeh terpacu dalam menjalankan kurikulum KKNI.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Kurikulum (K13), KKNI |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Luthfi Auni |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 03:44 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 03:44 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26447 |