Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Kelompok Pengrajin Sulam Kasap Di Gampong Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya

Maya Anggela, 180404048 (2023) Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Kelompok Pengrajin Sulam Kasap Di Gampong Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Kelompok Pengrajin Sulam Kasap Di Gampong Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Kelompok Pengrajin Sulam Kasap Di Gampong Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya)
Maya Anggela, 180404048, FDK, PMI, 082228394322.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pemberdayaan bagi perempuan perlu dilakukan, pemberdayaan perempuan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti pengrajin kasap sebagaimana yang dilakukan di Gampong Padang, pemberdayaan pengrajin kasap dilakukan karena letak geografis yang strategis dan bahan bakunya pun juga mudah didapat, apa lagi perempuan di Gampong Padang memiliki keahlian dalam pengrajin kasap bukan satu dua orang yang menekuni tapi hampir seluruh perempuan disana memproduksi kerajinan sulam kasap dan rata-rata dengan sistem kerja sama. Apalagi keterampilan mereka miliki perlu dilestarikan untuk menjaga kasab sebagaimana ciri khas keacehan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui proses produksi kerajinan sulam kasap di Gampong Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya, dan untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi perempuan melalui kelompok pengrajin sulam kasap di Gampong Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Adapun metode dalam penilitian ini menggunakan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi sulam kasap di Gampong Padang Kecamatan Manggeng dilakukan dengan beberapa tahap pertama membuat pola alat dan bahan, dalam membuat pola alat yang digunakan adalah pena dan kertas, kedua Penjepitan Sebelum proses menjahit dan tahap terakhir yakni proses menjahit, yakni benang yang sudah dilipat dua pada permukaan kain beludru kemudian dijahit dengan benang merah dengan sabar dan teliti. Untuk melakukannya tentu memiliki bahan baku yakni kain beludru dan benang emas. Adapun pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kelompok perempuan pengrajin sulam kasap dilakukan dengan penyadaran yang dilakukan biasanya untuk membantu masyarakat atau menyadarkan masyarakat akan pentingnya perubahan. Pelatihan masyarakat akan diberikan suatu pelatihan sebelum menjalankan program peningkatan produktifitas. Produksi melahirkan karya atau produksi dari usaha masyarakat. Pemasaran dari hasil karya yang telah siap untuk dipasarkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Maya Anggela Maya
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:11
Last Modified: 06 Feb 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26450

Actions (login required)

View Item
View Item