Upaya DP3A Dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga (Studi Kasus Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Provinsi Aceh)

Novriansyah, 170101037 (2023) Upaya DP3A Dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga (Studi Kasus Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Provinsi Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Upaya DP3A Dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga (Studi Kasus Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Provinsi Aceh)] Text (Upaya DP3A Dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga (Studi Kasus Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Provinsi Aceh))
Novriansyah, 170101037, FSH, HK, 081361156300.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kekerasan yang terjadi pada anak di Provinsi Aceh masih menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat khususnya anak itu sendiri. Berdasarkan data yang diperoleh dari DP3A Provinsi Aceh menunjukkan kasus kekerasan anak dalam kurun waktu dari tahun 2019 hingga persemester awal tahun 2021 periode Januari hingga Juli terdata sebanyak 1.929 kasus kekerasan yang terjadi tehadap anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya DP3A dalam mencegah kekerasan anak dalam keluarga, dan bagaimana efektivitas upaya pencegahan DP3A terhadap kekerasan anak. Tujuan penelitian adalah mengetahui upaya pencegahan yang dilakukan oleh DP3A terhadap kekerasan anak, dan efektiv tidaknya peran pencegahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan field research dan library research. Hasil analisa peneliti menunjukkan bahwa upaya pencegahan yang dilakukan DP3A terhadap kekerasan anak memiliki beberapa pencegahan. Pertama, perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat. Kedua, sosialisasi undang-undang perlindungan anak. Ketiga, mekanisme komunitas aman. Keempat, perlindungan anak terhadap pornografi. Kelima, sosialiasi terhadap pola asuh menyimpang terhadap anak. Efektivitas DP3A terhadap kekerasan anak dikatakan masih belum optimal. Terdapat adanya beberapa faktor penghambat yang menjadi kendala oleh DP3A. Pertama, kurang tanggapnya DP3A Kab/Kota dalam penyuluhan permasalahan terhadap kekerasan anak. Kedua, responsibilitas masyarakat yang masih kurang terhadap permasalahan anak. Ketiga, mayoritas masyarakat takut dan malu untuk mengungkapkan pengaduan ke pihak DP3A. Keempat, masih banyak dari sebagian masyarakat beranggapan memukul anak itu adalah hal yang biasa dalam mendidik ana, dan Kelima, anggaran yang diperoleh oleh pihak DP3A Provinsi Aceh masih sangat minim terutama untuk perlindungan perempuan dan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Novriansyah Ryan
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:28
Last Modified: 06 Feb 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26452

Actions (login required)

View Item
View Item