Mediasi Perceraian Akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Mahkamah Syar’iyah Kota Banda Aceh

Abdul Haris Rajab, 170101049 (2023) Mediasi Perceraian Akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Mahkamah Syar’iyah Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Mediasi Perceraian Akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Mahkamah Syar’iyah  Kota Banda Aceh] Text (Mediasi Perceraian Akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Mahkamah Syar’iyah Kota Banda Aceh)
Abdul Haris Rajab, 170101049, FSH, HK, 081269785826.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Mediasi ialah, proses negosiasi antara kedua belah pihak yang sedang bersengketa dengan cara melibatkan pihak ketiga yang memiliki sertifakasi prosedur mediasi sebagai penengah diantara kedua belah pihak. Mediasi diyakini mampu menyelesaikan masalah secara tuntas dan adil. Kesepakatan yang dihasilkan dirumuskan pihak yang bersengketa dan hasilnya bersifat win-win solution. Yang menjadi pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan mediasi perkara perceraian KDRT di Mahkamah Syar’iyah Kota Banda Aceh dari tahun 2019-2021, dan Apa faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan mediasi KDRT di Mahkamah Syar’iyah Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Field Research (penelitian lapangan) yaitu mengumpulkan data-data dari lapangan dengan wawancara serta kajian kepustakaan dengan mempelajari dokumen-dokumen resmi, buku-buku, hasil-hasil penelitian yang berwujud laporan dan lain-lain. Hasil penelitian mediasi di Mahkamah Syar’iyah Kota Banda Aceh bersifat wajib untuk menuntaskan perkara yang sedang di ikuti untk menghasilkan keputusan mediator yang benar. Mengenai mediasi pada Mahkamah Syar’iyah Kota Banda Aceh tingkat keberhasilannya dalam kasus mediasi KDRT sangat rendah dibandingkan dengan kegagalan yang sangat tinggi, hasil data dari tahun 2019-2021 kasus KDRT yang telah dimediasi sangat rendah dari 29 perkara 16 perkara yang gagal dalam mengikuti proses mediasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Abdul Haris Rajab Haris
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:35
Last Modified: 08 Feb 2023 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26453

Actions (login required)

View Item
View Item