Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ludo Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di MAN 1 Inovasi Subulussalam

Dita Aulya Maha, 180204084 (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ludo Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di MAN 1 Inovasi Subulussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dita Aulya Maha,180204084,FTK,PFS,085314535122.pdf] Text
Dita Aulya Maha,180204084,FTK,PFS,085314535122.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran fisika karena pembelajaran masih bersifat monoton dan peserta didik juga masih kurang menguasai materi yang ada pada pembelajaran fisika sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis permainan ludo fisika terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X, sedangkan sampelnya adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan Nonequivalent Control Group Design sedangkan instrumen tes nya berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan perbandingan nilai t hitung dengan t tabel diketahui bahwa t_hitung sebesar 3,446 >t_tabel sebesar 2,024 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 4,75 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 32,50 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen ditinjau dari hasil rata-rata pre-test dan post-test dengan besar persentase 87,4% sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol ditinjau dari hasil rata-rata pre-test post-test dengan besar persentase 47,3%. Sehingga media pembelajaran berbasis permainan ludo fisika lebih baik terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dita Aulya Maha
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:46
Last Modified: 06 Feb 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26455

Actions (login required)

View Item
View Item