Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA/MA Berbasis TCK

Safitri Nuryanti, 180205075 (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA/MA Berbasis TCK. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Safitri Nuryanti, 180205075, FTK, PMA, 081362729594.pdf] Text
Safitri Nuryanti, 180205075, FTK, PMA, 081362729594.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi abad 21 menuntut sistem Pendidikan di Indonesia untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman saat ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu bentuk penyesuaian adalah dengan merubah sistem pembelajaran yang sebelumnya konvensional menjadi lebih fleksibel. Artinya pembelajaran tidak hanya berorientasi di gedung sekolah saja, tetapi juga ditentukan oleh teknologi serta jaringan informasi yang bisa diakses dimana dan kapan saja. Salah satu upaya untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman adalah dengan menghadirkan modul pembelajaran yang. Penelitian ini berupaya untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis Technological Content Knowledge. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dari hasil pengembangan modul pembelajaran matematika pada materi program linear berbasis TCK. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Resseach and Development (R&D) model pengembangan 4D (Four-D) Thiangajaran. Tahapan ini meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Berdasarkan penilaian dari validator dan uji coba lapangan menyatakan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan adalah valid dan praktis. Pada tahap validasi yang diperoleh dari 3 validator yang memberikan saran dan masukan serta mendapat kriteria sangat baik dari bagian segi isi sebesar 81,5%, bagian TCK sebesar 77,2% dengan kriteria baik, dan bagian tampilan sebesar 80,23% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan respon dari guru memperoleh nilai 80,76% dari segi tampilan dan memperoleh nilai 78% dari segi TCK sehingga memenuhi kriteria valid dan praktis. Pada tahap kepraktisan oleh siswa diperoleh nilai 83%. Dapat disimpulkan modul pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria validan praktis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Safitri Nuryanti
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:46
Last Modified: 06 Feb 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26461

Actions (login required)

View Item
View Item