Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Kota Sabang

Sari Rahmayuni, 180802116 (2022) Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Kota Sabang. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi  Program  Keluarga  Harapan] Text (Implementasi Program Keluarga Harapan)
Sari Rahmayuni, 180802116, FISIP, IAN, 085270777639.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan langsung tunai bersayarat yang diberikan kepada keluarga miskin di Indonesia yang berfungsi sebagai salah satu program manfaat bagi masyarakat miskin agar terhindar dari kondisi krisis. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui ImplementasiProgram Keluarga Harapan (PKH) serta hambatan dalam pemberdayaan masyarakat miskin di Kota Sabang. Metodologi yang di gunakan pada skripsi ini adalah studi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PKH memiliki tujuan untuk menurunkan tingkat kemiskinan yang terdapat diseluruh daerah Indonesia, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan retan sehingga mengurangi kemiskinan dan kesenjangan, dalam hal ini selain dalam pemberian banuan tunai PKH juga melakukan pemberdayaan KPM yang berfokus pada pembekalan keterampilan yang berdasarkan P2K2 yaitu tentang cara mengasuh anak dengan baik, memberikan asupan gizi dan tentang mengatur ekonomi keluarga sehingga uang yang didapat digunakan secara cermat. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa pihak dari PKH Kota Sabang tidak dilibatkan dalam proses seleksian penetapan peserta peneriman bantuan PKH. Penyeleksian peserta PKH hanya dilakukan oleh pihak pusat, mereka hanya menjalankan sepenuhnya tugas yang telah ditetapkan dari pusat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sari Rahmayuni Sari
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:48
Last Modified: 06 Feb 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26463

Actions (login required)

View Item
View Item