Strategi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis Pada UPT Balai Arsip Statis dan Tsunami

Rina Tania, 180802011 (2022) Strategi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis Pada UPT Balai Arsip Statis dan Tsunami. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis] Text (Strategi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis)
Rina Tania, 180802011, FISIP, IAN, 085262739528.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Strategi Layanan dan Pemanfaatan arsip statis suatu upaya dalam berkonstribusi dalam persaingan arsip di tingkat global. Arsip statis pada Balai Arsip Statis dan Tsunami sebelum digitalisasi melayankan seperti arsip kertas secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan faktor pendukung serta faktor penghambat dari layanan dan pemanfaatan arsip statis pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) apakah sudah sesuai dengan Pedoman Prinsip Akses Layanan Arsip Statis berdasarkan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2011 tentang pedoman Akses dan Layanan Arsip Statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dengan cara observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana pendukung kegiatan layanan arsip pada UPT Balai Arsip Statis dan Tsunami sudah sesuai dengan indikator pedoman akses dan layanan arsip statis adanya profesionalisme sumber daya manusia terutama arsiparis, adanya pengguna arsip, dan tersedianya sarana dan prasarana. Sedangkan yang menghambatnya terdapat arsip statis di gedung yang berbeda dan keterbatasan ruang lingkup layanan pada masa pandemi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rina Tania Rina
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:58
Last Modified: 06 Feb 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26470

Actions (login required)

View Item
View Item