Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan terpadu Satu Pintu Kota Pematangsiantar

Septy Shuhada, 180802106 (2022) Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan terpadu Satu Pintu Kota Pematangsiantar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan] Text (Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan)
Septy Shuhada, 180802106, FISIP, IAN, 083896930406.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pelayanan terpadu satu pintu merupakan kegiatan penyelenggaraan suatu perizinan dan non perizinan yang mendapat pendelegasian atau pelimpahan kewewenangan dari lembaga atau instansi yang memiliki kewewenangan perizinan dan non perizinan dimulai dari proses tahap permohonan sampai dengan tahap terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu tempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan pembuatan SIUP dan bagaimana peran DPMPTSP Kota Pematangsiantar dalam melakukan sosialisasi. Penelitian ini diharapkan dapat memperluas wawasan bagi masyarakat dalam peningkatan pengurusan izin berusaha. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif kualitiatif, yaitu data dalam bentuk kata-kata sesuai dengan karakteristik dari pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data primer dan skunder melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang dapat menyebabkan mudahnya SIUP karena masyarakat yang ingin mengurus izin usaha sudah mempersiapkan berkas secara lengkap serta melihat prosedur atau tata cara dalam pembuatan SIUP dan memahami alur pelayanan. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa SIUP merupakan legalitas usaha yang berfungsi sebagai alat untuk mengarahkan, membina, mengawasi dan menerbitkan kegiatan usaha di bidang perdagangan menuju pelaksanaan tertib usaha. Kemudian setelah Undang-Undang Cipta Kerja disahkan perizinan berusaha berubah dari berbasis izin menjadi perizinan berusaha berbasis risiko.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Septy Shuhada Septy
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:01
Last Modified: 06 Feb 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26472

Actions (login required)

View Item
View Item