Desain Komik Fisika Berbasis Manga Book Berdasarkan Kearifan Lokal Pada Materi Gerak Lurus Di SMP

Chindy Putri Nabila, 180204066 (2022) Desain Komik Fisika Berbasis Manga Book Berdasarkan Kearifan Lokal Pada Materi Gerak Lurus Di SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Desain Komik Fisika Berbasis Manga Book Berdasarkan Kearifan Lokal Pada Materi Gerak Lurus Di SMP] Text (Desain Komik Fisika Berbasis Manga Book Berdasarkan Kearifan Lokal Pada Materi Gerak Lurus Di SMP)
Chindy Putri Nabila, 180204066, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMPN 10 Teupah Barat Simeulue, didapati minat belajar siswa masih rendah. Kurang inovasi dalam media pembelajaran dan lebih banyak menggunakan buku teks saja dalam belajar sehingga siswa cenderung pasif dan kurang semangat. Tujuan penelitian ini untuk membuat dan mendesain komik fisika berbasis manga book berdasarkan kearifan lokal dan mengetahui bagaimana kelayakan komik fisika berbabasis manga book berdasarkan kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D. Model 4D memiliki beberapa tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), Tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap terakhir yaitu tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi produk dan angket respon. Lembar validasi produk dinilai oleh ahli media dan dua ahli materi sedangkan angket respon dinilai oleh guru dan siswa melalui uji kelompok kecil. Pada tahap pendefinisian (define) dilakukan analisis kebutuhan berupa pemilihan materi dan jenis media yang digunakan. Pada Tahap perancangan (Design) digunakan aplikasi Adobe Illustrator 2017 dan IbisPaint X, dilengkapi dengan materi serta ditambahkan LKPD, uji kompetensi berbasis UNBK, gambar, karakter, warna, dan font tulisan yang menarik perhatian siswa. Pada tahap penyebaran (development), diperoleh hasil dari validasi ahli media sebesar 91,37% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan dari ahli materi dengan nilai 93,25% dengan kriteria sangat valid. Tahap penyebaran (disseminate), berdasarkan respon guru dan siswa dengan uji kelompok kecil yang dilakukan diperoleh nilai 82% dan 87,3% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komik fisika berbasis manga book berdasarkan kearifan lokal sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran. .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Chindy Putri Nabila Chindy
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:15
Last Modified: 06 Feb 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26475

Actions (login required)

View Item
View Item