Analisis Peluang Dan Tantangan PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) Pasca Konversi Dan Merger

M. Saleh Adri, 190603330 (2023) Analisis Peluang Dan Tantangan PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) Pasca Konversi Dan Merger. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Analisis Peluang Dan Tantangan PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) Pasca Konversi Dan Merger] Text (Analisis Peluang Dan Tantangan PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) Pasca Konversi Dan Merger)
M. Saleh Sadri, 190603330, FEBI, PS, 081360774886.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Diberlakukannya Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah mengharuskan perbankan di Aceh untuk melakukan konversi menjadi bank syariah. Selanjutnya untuk meningkatkan kinerja perbankan syariah, maka diambil kebijakan merger terhadap tiga perbankan syariah yaitu BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah dan BNI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Dilakukannya konversi dan merger ini tentunya memberikan peluang dan tantangan tersendiri bagi perbankan Syariah terutama di Aceh yang didukung oleh Qanun Lembaga Keuangan Syariah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peluang dan tantangan BSI pasca konversi dan merger. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSI memiliki peluang yang besar pasca konversi dan merger diantaranya yaitu mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, terutama Aceh yang identik dengan syariat islam, Adanya fatwa bunga bank yang dapat memicu kesadaran religious masyarakat untuk menjadi nasabah bank syariah, Peningkatan Aset Bank Syariah Indonesia (BSI), Produk yang lebih komplit dan inovatif, Perkembangan penerapan ekonomi Islam, dan Efesiensi Biaya Pembiayaan. Adapun tantangan yang muncul di antaranya yaitu kapasitas SDM yang perlu di upgrade pemahaman syariahnya, Panyatuan budaya kerja, Peningkatan sosialisasi dan promosi, dan peningkatan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: M. Saleh Adri
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:04
Last Modified: 06 Feb 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26477

Actions (login required)

View Item
View Item