Hubungan Regulasi Emosi dengan Stres Kerja pada Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh

Afdhalul Zikri, 160901075 (2022) Hubungan Regulasi Emosi dengan Stres Kerja pada Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Regulasi Emosi Dengan Stres Kerja] Text (Hubungan Regulasi Emosi Dengan Stres Kerja)
Afdhalul Zikri_160901075_Hubungan Regulasi Emosi Dengan Stres Kerja Pada Perawat di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Selama bekerja perawat sering kali dihadapkan dengan situasi yang sulit dan tuntutan untuk tetap profesional dalam bekerja yang menyebabkan tingginya tingkat stres kerja pada perawat. Selain itu, kurangnya edukasi dalam mengatasi stres kerja, minimnya waktu bersama keluarga, serta banyaknya tugas yang di kerjakan adalah penyebab-peyebab terjadinya stres kerja pada perawat. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan stres kerja pada perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aspek-aspek dari Gross (2014) yaitu kemampuan mengatur emosi, kemampuan merasakan emosi, kemampuan mengatur respon emosi, dan skala stres kerja berdasarkan dari Robbins dan Judge (2018) yaitu fisiologis, psikologis, perilaku. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 155 perawat. Koefisiensi korelasi pada penelitian ini sebesar -0.276 dengan p = 0,000. Hal ini menunjukan adanya hubungan negatif antara regulasi emosi dan stres kerja pada perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa kota Banda Aceh. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi regulasi emosi maka semakin rendah stres kerja, dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Afdhalul Zikri Adul
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:06
Last Modified: 06 Feb 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26478

Actions (login required)

View Item
View Item