Desain Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Pesawat Sederhana Di SMP/ MTs

Siti Akmalia, 180204071 (2022) Desain Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Pesawat Sederhana Di SMP/ MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Desain Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Pesawat Sederhana Di SMP/ MTs] Text (Desain Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Pesawat Sederhana Di SMP/ MTs)
Siti Akmalia, 180204071, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan yang telah dilakukan dengan judul desain media pembelajaran flipchart pada materi pesawat sederhana di SMP/MTs dilatarbelakangi oleh hasil observasi di dalam kelas, wawancara denga guru mata pelajaran IPA dan analisis kebutuhan pada peserta didik di salah satu SMP/MTs wilayah Kota Banda Aceh. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan mendesain media pembelajaran flipchart dan menguji kelayakan dari media pembelajaran flipchart pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D yang terdiri dari beberapa langkah yaitu langkah pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develope), dan langkah terakhir penyebaran (disseminate). Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini terdiri dari dua dosen ahli materi dan dua dosen ahli media. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 84,53% dengan kriteria dan hasil penilaian oleh ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 82,34%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari kedua ahli validator, maka media pembelajaran flipchart dapat dikategorikan sangat layak untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Siti Akmalia Siti
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:14
Last Modified: 06 Feb 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26479

Actions (login required)

View Item
View Item