Analisis Penerapan Rescheduling Pada Pembiayaan Bermasalah dengan Akad Murabahah ( Studi pada PT. Bank Muamalat, Cabang Banda Aceh )

Misnaya, 160603219 (2022) Analisis Penerapan Rescheduling Pada Pembiayaan Bermasalah dengan Akad Murabahah ( Studi pada PT. Bank Muamalat, Cabang Banda Aceh ). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Penerapan Rescheduling] Text (Analisis Penerapan Rescheduling)
Misnaya, 160603219, FEBI, PS, 082361151678.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penjadwalan kembali (Rescheduling) menjadi salah satu bentuk penyelesaian pada Bank Muamalat dimana dalam menyalurkan pembiayaan murabahah tentunya tidak terlepas dari yang namanya pembiayaan bermasalah, dimana nasabah mengalami penunggakan atau tidak mampu membayar sisa tagihan kepada pihak bank. Oleh karena itu pihak bank menerapkan Rescheduling saat terjadinya pembiayaan bermasalah. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif melalui sumber data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank dalam memberikan pembiayaan murabahah mempunyai penilaian khusus kepada para calon nasabah yaitu dengan menggunakan prinsip 5C yaitu character, capacity, capital, condition, collateral. Dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk pebiayaan dngan akad Murabahah di Bank Muamalat KCP, Banda Aceh, menggunakan beberapa tahapan penyelesain yaitu panggilan Intensif, pemberian surat peringatan, Rescheduling, penghapusan bukuaan dan eksekusi jaminan. Adapun metode rescheduling upaya dalam mengatasi pembiayaan bermasalah dengan penjadwalan kembali yang dilakukan kepada debitur yang memiliki iktikad baik untuk membayar kewajibannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Misnaya Nay
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:12
Last Modified: 06 Feb 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26480

Actions (login required)

View Item
View Item