Analisis Dampak Kebijakan Relokasi Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Al-Mahirah Kota Banda Aceh

Nur Basyaryah, 170604026 (2022) Analisis Dampak Kebijakan Relokasi Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Al-Mahirah Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Dampak Kebijakan Relokasi Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Al-Mahirah Kota Banda Aceh] Text (Analisis Dampak Kebijakan Relokasi Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Al-Mahirah Kota Banda Aceh)
Nur Basyaryah, 170604026, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kebijakan relokasi Pasar Al-Mahirah Lamdingin Kota Banda Aceh bertujuan untuk melakukan penataan kota dan menumbuhkan titik perekonomian baru. Namun, dilihat dari dampak pendapatan pedagang dan dampak dari sisi kebijakan publik masih terjadi permasalahan. Masalah yang dikaji adalah bagaimana dampak terhadap pendapatan pedagang, dan bagaimana dampak relokasi dari teori kebijakan publik. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan sifat jenis deksriptif-analisis dengan melibatkan 8 informan. Temuan penelitian bahwa kebijakan relokasi menyisakan dampak negatif menurunnya pendapatan yang terkena imbas relokasi. Dilihat dari teori kebijakan publik, kebijakan relokasi pasar diselenggarakan dalam rangka memenuhi tujuan menata kota agar menjadi lebih baik, menata integrasi pasar, meningkatkan pendapatan para pedagang, dan memberi kemudahan akses bagi konsumen. Hanya saja, tujuan relokasi pasar Al-Mahirah belum dapat sepenuhnya terwujud. Ini dibuktikan atas adanya penurunan pendapatan yang diterima para pedagang dibandingkan dengan pasar lama. Dari sisi pendapatan pedagang masih enggan untuk direlokasikan. Atas dasar itu direkomendasikan pemerintah melaksanakan pengawasan, memberikan kemudahan akses realisasi transportasi dan retribusi yang murah serta sewa lapak yang disesuaikan dengan pendapatan pedagang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Basyaryah Nur
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:40
Last Modified: 07 Feb 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26481

Actions (login required)

View Item
View Item