Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membangun Loyalitas Kerja Tenaga Kependidikan Di MAS Darul Falah Aceh Utara

Athaillah Askandari, 180206004 (2023) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membangun Loyalitas Kerja Tenaga Kependidikan Di MAS Darul Falah Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membangun Loyalitas Kerja Tenaga Kependidikan Di MAS Darul Falah Aceh Utara] Text (Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membangun Loyalitas Kerja Tenaga Kependidikan Di MAS Darul Falah Aceh Utara)
Athaillah Askandari, 180206004, FTK, MPI, 085270950330.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kepala Madrasah sebagai Leader harus mampu mengelola permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan aktivitas proses belajar mengajar, untuk itu loyalitas para staf sangat diharapkan agar program pembelajaran dapat berjalan secara maksimal. Adapun permasalahan yang dihadapi selama ini minimnya insentif namun menimbulkan loyalitas yang sangat tinggi, dengan adanya penelitian ini dapat memberikan kontribusi kepada madsarah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya, Strategi, dan Hambatan Kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun loyalitas kerja tenaga kependidikan di MAS Darul Falah Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, kepala tata usaha, serta satu orang Clearning service di Mas Darul Falah Aceh Utara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun loyalitas kerja tenaga kependidikan menggunakan empat gaya kepemimpinan, yaitu gaya kepemimpinan demokratis, laissez faire, karismatik dan gaya kepemimpinan situasional. 2) Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun loyalitas kerja tenaga kependidikan menerapkan strategi dengan Komunikasi yang baik, memberikan insentif, memberikan kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan. 3) Hambatan kepemimpinan Kepala Madrasah dalam membangun loyalitas kerja tenaga bahwa tidak terdapat adanya faktor hambatan karena hubungan antara keduanya terjalin sangat baik, komunikasi selalu berjalan lancar dan dilihat dari kepribadian kepala madrasah yang selalu melibatkan semua orang untuk bermusyawarah dan dalam penyaluran gaji juga tepat waktu, sehingga tidak ada hambatan dalam membangun loyalitas tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Athaillah Askandari
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:14
Last Modified: 06 Feb 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26484

Actions (login required)

View Item
View Item