Penerapan Strategi Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di SMP IT Al-Fityan School Aceh ( Studi Ekspemimen Kelas II SMP)

Ayu Purnamasari, 180202074 (2023) Penerapan Strategi Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di SMP IT Al-Fityan School Aceh ( Studi Ekspemimen Kelas II SMP). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Strategi Bermain Peran  Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di SMP IT Al-Fityan School Aceh ( Studi Ekspemimen Kelas II SMP)] Text (Penerapan Strategi Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di SMP IT Al-Fityan School Aceh ( Studi Ekspemimen Kelas II SMP))
Ayu Purnamasari, 180202074, FTK, PBA, 081262067224 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti, pembelajaran bahasa arab yang berada di sekolah SMP IT Al-Fityan School Aceh masih tidak dapat dikatakan bagus ( baik). Sebagian besar siswi belum dapat berbicara menggunakan bahasa arab sehingga dapat mempengaruhi kemampuan berbicara siswi. Masalah ini disebabkan ketika proses belajar mengajar guru menggunakan strategi pembelajaran yang kuno dan tidak sesuai dengan materi kalam yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab siswi. Dalam masalah ini peneliti mencari solusi dengan cara menerapkan strategi bermain peran untuk meningkatkan kemampuan murid terhadap keterampilan berbicara. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah menerapkan strategi bermain peran. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalaah metode eksperimen dengan jenis One Grup Pre-Test Post-Test Design. Adapun pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu tes dan lembaran observasi. Dan populasi dari peneliti adalah seluruh siswi kelas II SMP IT Al-Fityan School Aceh yang berjumlah 83 siswi dan kelas II A yang terpilih menjadi sampel penelitian yang berjumlah 28 siswi. Hasil penelitian menunjukkaan bahwasannya penerapan strategi bermain peran efektif untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam keterampilan berbicara. Hasil tersebut terbukti dari uji T yaitu Sig (0,000< 0,05) dan hasil nilai observasi langsung aktivitas guru 92,5 % dan aktifitas murid 92,5 % juga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ayu Purnamasari
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:15
Last Modified: 07 Feb 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26488

Actions (login required)

View Item
View Item