Peran Dp3a Dalam Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Korban Ekploitasi (Analisis Hukum Positif Dan Hukum Islam Serta Penerapannya Di Banda Aceh).

Teuku Naufal Harist, 180104053 (2023) Peran Dp3a Dalam Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Korban Ekploitasi (Analisis Hukum Positif Dan Hukum Islam Serta Penerapannya Di Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Dp3a Dalam Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Korban Ekploitasi (Analisis Hukum Positif Dan Hukum Islam Serta Penerapannya Di Banda Aceh)] Text (Peran Dp3a Dalam Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Korban Ekploitasi (Analisis Hukum Positif Dan Hukum Islam Serta Penerapannya Di Banda Aceh))
Teuku Naufal Harist, 180104053, FSH, HPL, 081211585260.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Eksploitasi anak ialah perlakuan sewenang-wenang yang Memaksa anak untuk melakukan sesuatu demi kepentingan ekonomi, sosial ataupun politik tanpa memperhatikan hak- hak anak. Penelitian ini berfokus bagaimana DP3A Kota Banda Aceh dalam menjalankan perannya dalam memberikan perlindungan terhadap kasus anak korban eksploitasi serta faktor apa saja yang menghambat dalam memberikan perlindungan terhadap anak korban eksploitasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analisis, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data lapangan (field research) dan data kepustakaan (library research). Hasil penelitian didapatkan bahwa DP3A Kota Banda Aceh dalam menjalankan perannya menangani kasus eksploitasi anak adalah dengan menyediakan beberapa layanan, yaitu: penanganan pengaduan, assasment dan mengindentifikasi apa yang dibutuhkan oleh korban (layanan hukum dan layanan psikologis), dan kemudian kasus hingga tuntas yang mana DP3A tetap akan melakukan pemantauan dalam menjamin keamanan bagi korban. Hal ini sejalan dengan Pasal 1 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, yang berbunyi: “Perlindungan anak adalah: segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi, secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi” Lebih kanjut Kendala yang dihadapi oleh DP3A Kota Banda Aceh dalam menangani kasus eksploitasi anak seperti anak yang sangat bergantung dengan orang lain sehingga sulit di dapatnya infomasi yang valid, Karakter masyarakat yang kurang peduli dan kurangnya koperatif pihak yang terlibat serta belum adanya SOP) dalam menangani kasus kekerasan terhadap anak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Eksploitasi, DP3A Kota Banda Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 345 Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Teuku Naufal Harist Naufal
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:09
Last Modified: 07 Feb 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26492

Actions (login required)

View Item
View Item