Pendekatan Behavioral Untuk Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SMP Negeri 1 Baitussalam

Analisa, 180213004 (2023) Pendekatan Behavioral Untuk Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SMP Negeri 1 Baitussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pendekatan Behavioral Untuk Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SMP Negeri 1 Baitussalam] Text (Pendekatan Behavioral Untuk Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SMP Negeri 1 Baitussalam)
Analisa, 180213004, FTK, BK, 085270285134.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perilaku sosial merupakan suatu tindakan yang di tujukan oleh seseorang kepada orang lain. Perilaku sosial yang dimaksud peneliti adalah perilaku sosial siswa (menyimpang) seperti memukul tanpa sebab, suka berbicara kasar, suka menjahili teman, sering melanggar aturan sekolah, tidak mengucapkan salam ketika masuk kelas, membolos, tidak mendengarkan ketika guru sedang menjelaskan, berbicara dengan kalimat tidak sopan kepada guru dan lain sebagainya.. Perilaku sosial (menyimpang) adalah suatu tindakan yang melanggar aturan serta norma-norma yang berlaku disekolah sehingga berdampak pada perkembangan tingkah laku serta prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan behavioral dalam membentuk perilaku sosial siswa SMP Negeri 1 Baitussalam. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku sosial siswa ditinjau dari 3 indikator, yaitu kecenderungan perilaku peran, kecenderungan perilaku dalam hubungan sosial, dan kecenderungan perilaku ekspresif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian sebanyak 10 siswa yang di dapatkan dari hasil uji pretest dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert untuk mengukur tingakt perilaku sosial siswa. Penyebaran angket dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Setelah memperoleh data, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji-t. Berdasarkan hasil yang diperoleh menujukkan bahwa pendekatan behavioral untuk pembentukan perilaku sosial siswa memperoleh nilai t hitung sebesar 5.511 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 1.833 (5.511> 1.833) dan tingkat signifikansi two-tail (2-tailed) sebesar 0.03 lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 0.05 yaitu (0.03 < 0.05). Artinya, terjadi peningkatan pada perilaku sosial sehingga hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan pendekatan behavioral dapat membentuk perilaku sosial siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Analisa Analisa
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:25
Last Modified: 09 Feb 2023 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26495

Actions (login required)

View Item
View Item