Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Serbaguna Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdit Al-Manar Takengon

Rizki Darmawan, 160201067 (2023) Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Serbaguna Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdit Al-Manar Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Serbaguna Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdit Al-Manar Takengon] Text (Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Serbaguna Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdit Al-Manar Takengon)
Rizki Darmawan, 160201067, FTK, PAI, 082213349883.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Serbaguna dalam meningkatkan mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Al-Manar Takengon”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kegunaan ruang laboratorium serbaguna tersebut yang mana dalam penggunaannya masih belum maksimal sehingga pembelajaran menjadi tidak optimal dan akan berdampak pada rendahnya mutu dari pembelajaran tersebut. Begitu pula dengan materi lain seperti shalat fardhu, shalat jenazah, dan sebagainya memerlukan tempat dalam melakukan praktik yakni laboratorium serbaguna yang ada di SDIT Al-manar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan laboratorium serbaguna dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran dan upaya yang dilakukan pihak sekolah dan guru dalam memanfaatkan laboratorium serbaguna di SDIT Al-Manar Takengon. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian yang digunakan maksimal sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala Likert dengan memberi skor pada setiap item jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium serbaguna/mushala di SDIT Al-Manar Takengon sering dimanfaatkan untuk kegiatan praktik materi PAI maupun sebagai tempat diskusi di luar jam pelajaran PAI. Alat-alat penunjang di laboratorium serbaguna/mushala juga sudah mendukung proses pembelajaran PAI, sehingga pembelajaran PAI efektif dilakukan di laboratorium serbaguna/mushala. Upaya yang telah dilakukan pihak sekolah antara lain melakukan pengelolaan dan menanggapi segala kekurangan yang ada di laboratorium serbaguna/ mushala, membentuk suatu organisasi yang bertanggungjawab dalam mengatur seluruh kegiatan yang dilaksanakan di laboratorium serbaguna/ mushala. Hal ini dibuktikan dari kondisi bangunan yang sangat baik, alat-alat penunjang yang cukup lengkap, dan sangat layak digunakan sebagai fasilitas pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Darmawan
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:45
Last Modified: 09 Feb 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26496

Actions (login required)

View Item
View Item