Problematika Mahasiswa Semester Akhir Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir KKU Skripsi Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry

Ahmad Darmansyah, 160403079 (2023) Problematika Mahasiswa Semester Akhir Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir KKU Skripsi Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Problematika Mahasiswa Semester Akhir Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir KKU Skripsi Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry] Text (Problematika Mahasiswa Semester Akhir Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir KKU Skripsi Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry)
Ahmad Darmansyah, 160403079, FDK, MD, 085238160576.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Problematika Mahasiswa Semester Akhir Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir KKU Skripsi Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan mahasiswa semester akhir dalam menyelesaikan skripsi pada Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasih UIN Ar-Raniry dan untuk mengetahui langkah-langkah mahasiswa semester akhir dalam menyelesaikan skripsi pada Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasih UIN Ar-Raniry. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi pada Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan mahasiswa semester akhir dalam menyelesaikan skripsi yakni: Pertama, sulitnya mencari judul skripsi, baik dari memahami masalah yang dicari maupun proses penarikan judul darimasalah yang ingin diteliti. Kedua, Kejenuhan dalam mengerjakan skripsi, proses yang lama dalam mengumpulkan data, kesulitan dalam menuangkan pikiran ke dalam bentuk tulisan, kesulitan membagi waktu antara mengerjakan skripsi dengan kegiatan lainnya. bisa membuat mahasiswa semakin bingung dan jenuh dalam membuat skripsi tersebut. Ketiga, permasalahan dengan dosen pembimbing saat konsultasi skripsi, ada rasa takut dan tidak berani saat konsultasi dengan pembimbing karena takut salah lagi dalam perbaikan skripsi, tidak sesuai perbaikan yang disarankan oleh pembimbing dan kemampuan mahasiswa yang kurang dalam berkomunikasi dengan dosen pembimbing menyebabkan apa yang akan disampaikan oleh mahasiswa sulit untuk diutarakan. Adapun langkah-langkah mahasiswa semester akhir dalam menyelesaikan skripsi yakni: Pertama rajin mengikuti bimbingan dan merevisi. Dalam proses ini mahaiswa akan mulai sering datang ke kampus untuk bimbingan, turun ke lapangan untuk wawancara atau menyebar kuesioner, hingga sering begadang untuk menyelesaikan revisi. Kedua, membuat target dan manajemen waktu, mahasiswa harus membuat target untuk dapat menyelesaikan skripsinya kapan selesai di buat skripsi dan kapan target untuk naik sidang, selain itu harus profesional dengan waktu agar waktu tidak dihabiskan dengan perbuatan yang sia-sia, oleh sebab itu harus ada komitmen dalam proses membuat skripsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Ahmad Darmansyah
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:14
Last Modified: 07 Feb 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26497

Actions (login required)

View Item
View Item