Pengembangan LKPD Berbasis Investigation Based Multiple Representation (IBMR) Pada Materi Gerak Lurus Tingkat SMA/MA Kelas X.

M Maulana Irfandi, 180204082 (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Investigation Based Multiple Representation (IBMR) Pada Materi Gerak Lurus Tingkat SMA/MA Kelas X. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis Investigation Based Multiple  Representation (IBMR)] Text (Pengembangan LKPD Berbasis Investigation Based Multiple Representation (IBMR))
M. Maulana Irfandi, 180204082, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pengembangan LKPD berbasis Investigation Based Multiple Representation (IBMR) pada materi gerak lurus tingkat SMA/MA Kelas X dilatar belakangi oleh analisis kebutuhan pada peserta didik,berdasarkan analisis kebutuhkan ditemukan bahwa kurangnya media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika terutama pada materi gerak lurus menyebabkan peserta didik sulit dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain LKPD berbasis IBMR pada materi gerak lurus serta untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan LKPD berbasis IBMR pada materi gerak lurus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian 4D. Subjek penelitian yang digunakan adalah dosen ahli media, dosen ahli materi, dosen ahli perangkat pembelajaran. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli. Hasil persentase kelayakan dari ahli media adalah sebesar 74% dengan kategori layak, kemudian hasil persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 97,33% dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi ahli perangkat pembelajaran diperoleh persentase 89,35% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan LKPD berbasis IBMR (Investigation Based Multiple Representation) pada materi gerak lurus tingkat SMA/MA kelas X dikategorikan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: M. Maulana Irfandi Maulana
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:21
Last Modified: 09 Feb 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26498

Actions (login required)

View Item
View Item