Penerapan Metode Role Playing dengan Media Gambar pada Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Siswa di SMPN 10 Banda Aceh

Maulisa, 281223151 (2018) Penerapan Metode Role Playing dengan Media Gambar pada Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Siswa di SMPN 10 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Metode Role Playing dengan Media Gambar pada Materi Sistem Pencernaan]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Metode Role Playing dengan Media Gambar pada Materi Sistem Pencernaan)
Maulisa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D Maulisa.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D Maulisa.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Kondisi pembelajaran Biologi di SMPN 10 Banda Aceh selama proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, terlihat dari aktivitas siswa hanya melihat dan mendengarkan penjelasan dari guru. Guru hanya menggunakan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab, kondisi tersebut berpengruh terhadap ketuntasan belajar siswa yang tidak mencukupi KKM. Banyaknya siswa yang memperoleh nilai mata pelajaran biologi di bawah ketuntasan minimal disebabkan salah satunya karena proses pembelajaran selama ini belum melibatkan siswa secara aktif, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar biologi terutama pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia. Mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai metode/model pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga aktivitas dan ketuntasan belajar siswa dapat ditingkatkan. Salah satunya dengan penerapan metode Role Playing dengan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan 25 November 2017 di SMPN 10 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIB yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian dilakukan dengan mengunakan metode quasi exsperimen, teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa kelas VIII SMPN 10 Banda dengan penerapan metode Role Playing dengan media gambar pada materi sistem pencernaan manusia adalah 71,91% dinyatakan baik dan positif. Penerapan metode Role Playing dengan media gambar pada materi sistem pencernaan manusia telah berhasil mencapai ketuntasan belajar siswa yang telah ditetapkan, ditunjukkan dengan nilai KKM siswa 86% dinyatakan tuntas secara klasikal dari kriteria yang telah ditetapkan yaitu 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Lina Rahmawati, M.Si 2.Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Media Gambar, Aktivitas belajar, Ketuntasan Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulisa Muchsin
Date Deposited: 12 Mar 2018 02:23
Last Modified: 12 Mar 2018 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item
View Item