Rancangan Sistem Kontrol Dan Monitoring Instalasi Listrik Berbasis Internet of Things

Abdul Hanif, 180211102 (2022) Rancangan Sistem Kontrol Dan Monitoring Instalasi Listrik Berbasis Internet of Things. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Rancangan Sistem Kontrol Dan Monitoring Instalasi Listrik Berbasis Internet of Things] Text (Rancangan Sistem Kontrol Dan Monitoring Instalasi Listrik Berbasis Internet of Things)
Abdul Hanif, 180211102, PTE, FTK, 082282692238.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan teknologi mendorong manusia untuk bisa beradaptasi dengan perkembangannya sehingga manusia harus membuka wawasan dalam berpikir kreatif dan inovatif untuk memaksimalkan kinerja suatu pekerjaan atau keamanan yang dapat dikembangkan terus menghasilkan karya-karya terbaru. Teknologi dapat dimanfaatkan menjadi suatu sistem atau alat yang dapat memudahkan semua aktivitas keseharian manusia dimana dalam penggunaannya dapat dilakukan secara manual maupun dapat digunakan secara otomatis menggunakan teknologi. Pada penelitian ini teknologi dimanfaatkan untuk meringankan kekhawatiran manusia dalam penggunaan listrik pada rumah, dimana peneliti membuat sebuah rancangan sistem kontrol dan monitoring instalasi listrik berbasis Internet of Things yang dapat mengontrol dan memantau penggunaan daya listrik melalui aplikasi Blynk dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen untuk melihat berhasil atau tidak digunakan sebagai sebuah sistem pemantauan dan sistem kontrol. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sistem kerja penggunaan daya listrik dapat dikontrol secara manual dan secara otomatis melalui jaringan internet dengan menggunakan aplikasi Blynk untuk menghidupkan dan mematikan listrik dengan durasi respon 0,5 – 1 detik. Alat ini juga digunakan sebagai alat pemantauan dalam penggunaan daya listrik pada setiap beban menggunakan aplikasi Bylnk dengan perbandingan pengukuran secara manual dengan nilai 0.95 – 2.00 % yang digunakan sesuai penggunaan beban.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Abdul Hanif Abi
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:28
Last Modified: 07 Feb 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26503

Actions (login required)

View Item
View Item