Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Di MTsS Babun Najah Banda Aceh.

Ririn Helda, 180204105 (2023) Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Di MTsS Babun Najah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Di MTsS  Babun Najah Banda Aceh] Text (Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Di MTsS Babun Najah Banda Aceh)
Ririn Helda, 180204105, FTK, PFS, 085362202306.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman dan penguasaan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal berbentuk cerita dan gambar di MTsS Babun Najah Banda Aceh pada pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan Literasi Sains pada aspek Kompetensi Sains peserta didik kelas VII 1 pada materi kalor di MTsS Babun Najah Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada 28 peserta didik di MTsS Babun Najah Banda Aceh dengan menggunakan metode penelitian kualitatif rancangan deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran riil tentang kemampuan literasi sains peserta didik pada aspek kompetensi sains. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari 5 butir soal tes uraian pada aspek kompetensi sains materi kalor. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek kompetensi sains untuk indikator mendidentifikasi isu ilmiah diperoleh bahwa sebanyak 18 orang peserta didik mampu mendidentifikasi, 6 orang peserta didik kurang kemampuan mendidentifikasi dan 4 orang peserta didik tidak mampu mendidentifikasi. Selanjutnya pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah, 6 orang peserta mampu menjelaskan, sebanyak 16 orang kurang mampu menjelaskan, dan 6 orang peserta didik tidak mampu menjelaskan. Pada indikator menggunakan bukti ilmiah seluruh peserta didik tidak mampu menggunakan bukti ilmiah. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik di MTsS Babun Najah rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Sains, Kompetensi Sains, Teori Polya.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ririn Helda Ririn
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:19
Last Modified: 07 Feb 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26504

Actions (login required)

View Item
View Item