Firdaus, 170212065 (2023) Rancang Bangun Mobile Game Multiplayer Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Dasar Bahasa Arab Dalam Bentuk Ular Tangga Studi Kasus : TPQ (Taman Pendidikan -Quran) Jeulingke. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Firdaus, 170212065, FTK, PTI, 085271432420.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Game Edukasi ini dirancang untuk dapat menambah wawasan pengetahuan pembelajaran dasar Bahasa Arab untuk peserta didik. Tujuan dari adanya Penelitian ini yaitu: 1) Untuk merancang dan membangun mobile game multiplayer sebagai media pembelajaran kosakata dasar Bahasa Arab dalam bentuk ular tangga. 2) Untuk menguji kelayakan mobile game multiplayer sebagai media pembelajaran kosakata dasar Bahasa Arab dalam bentuk ular tangga untuk meningkatkan pengetahuan anak. Untuk mengetahui tingkat kelayakan dari game edukasi yang dirancang maka pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan perancangan (R&D) dengan perancangan menggunakan ADDIE dan untuk menghitung kelayakan menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu sepuluh (10) ustad dan ustadzah yang mengajar di TPQ Jeulingke. Dengan jawaban yang didapat dari data responden sebesar 3,61 dengan persentase 72,2% mendapat kategori baik. Pengujian pada ahli materi dengan hasil 92,7% dan ahli media dengan hasil 100%. Hasil menunjukkan bahwa dari sisi kelayakan dan penggunaan game edukasi dapat diterapkan dan layak dipakai untuk membantu pembelajaran di TPQ Jeulingke.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data 000 Computer Science, Information and System > 006 Special Computer Methods > 006.5 Audio Digital |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi |
Depositing User: | Firdaus - |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 02:45 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 02:45 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26506 |