Pendekatan Komunikasi Interpersonal Pengasuh Terhadap Lansia Di Panti Jompo Maghrifatullah Kecamatan Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara.

Fatur Rahman, 180401004 (2023) Pendekatan Komunikasi Interpersonal Pengasuh Terhadap Lansia Di Panti Jompo Maghrifatullah Kecamatan Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendekatan Komunikasi Interpersonal Pengasuh Terhadap Lansia Di Panti Jompo Maghrifatullah Kecamatan Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara] Text (Pendekatan Komunikasi Interpersonal Pengasuh Terhadap Lansia Di Panti Jompo Maghrifatullah Kecamatan Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara)
Fatur Rahman, 180401004, FDK, KPI, 082274817542.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pendekatan Komunikasi Interpersonal pengasuh Terhadap Lansia di Panti Jompo Maghrifatullah Kecamatan Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara.” Komunikasi Interpersonal merupakan intraksi yang terjadi individu. Setiap lansia yang tinggal di panti jompo akan dilayani pengasuh setiap harinya. Oleh karena itu, penggunaan yang sangat di butuhkan bagi seorang pengasuh, karena memiliki peranan penting dalam mendampingi lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara pengasuh dengan para lanjut usia di panti Jompo Maghrifatullah Kecamatan Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara. Metode penelitian ini yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala seksi pelayanan pengasuh selaku pelaksanaan pelayanan dan para lanjut usia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan dan hambatan komunikasi interpersonal pengasuh dengan lanjut usia terdiri dua bentuk yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Proses pendekatan komunikasi interpersonal pengasuh dengan lanjut usia sudah tercapai dengan baik, dimana pendekatan komunikasi yang terjadi yaitu sebagai media untuk tempat bercerita, ekspresi wajah (senyum), memberikan nasehat dan membuat kegiatan atau program bimbingan rohani serta olahraga. Sedangkan hambatan komunikasi antara pengasuh dengan lansia ialah fisik, pendidikan, bahasa dan kepribadian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Komunikasi Interpersonal, Pengasuh, Lansia, Panti Jompo.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fatur Rahman
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:30
Last Modified: 08 Feb 2023 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26507

Actions (login required)

View Item
View Item