Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Every Circuit Pada Materi Listrik Dinamis Di SMK-SMTI Banda Aceh

Bella Tarisahfira, 180204039 (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Every Circuit Pada Materi Listrik Dinamis Di SMK-SMTI Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Bella Tarisahfira, 180204039, FTK, PFS,  081233933821.pdf] Text
Bella Tarisahfira, 180204039, FTK, PFS, 081233933821.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena sekolah yang diteliti belum memanfaatkan teknologi terutama smathphone dalam proses belajar. Permasalahan yang dialami peserta didik yaitu kurangnya memahami materi dan simbol-simbol terutama listrik sehingga pratikum kurang berjalan dengan baik. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendesain pengembangan modul pembelajaran fisika berbantuan Every Circuit dan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran fisika berbantuan Every Circuit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4D memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap terakhir pada model ini yaitu mengujicoba (disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh desain modul pemebelajaran listrik dinamis yang dilengkapi petunjuk penggunaan every circuit, materi, LKPD, uji kompetensi. Hasil validasi ahli materi pembelajaran sebesar 97,67% dan validasi ahli media pembelajaran sebesar 95,74% sehingga diperoleh hasil persentase keseluruhan dari kelayakan pengembangan modul berbantuan every circuit sebesar 96,7% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbantuan every circuit pada materi listrik dinamis di SMK-SMTI Banda Aceh sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Bella Tarisahfira
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:15
Last Modified: 07 Feb 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26519

Actions (login required)

View Item
View Item