Strategi Orang Tua Dalam Penanganan Game Online Pada Siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur

Felila Puspita, 180201189 (2023) Strategi Orang Tua Dalam Penanganan Game Online Pada Siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Orang Tua Dalam Penanganan Game Online Pada Siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur] Text (Strategi Orang Tua Dalam Penanganan Game Online Pada Siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur)
Felila Puspita, 180201189, FTK, PAI, 085360135614.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Siswa-siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur banyak telah terpengaruh oleh game online. Bermain game online yang tidak hanya dapat menyebabkan siswa menjadi candu dan sulit berinteraksi secara sosial dalam kehidupan nyata. Bermain yang berlebihan menyebabkan kerusakan pada faktor psikologi anak. Oleh karena itu, diperlukan strategi dari orang tua siswa dalam penanganan game online pada siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur. Berdasarkan dari latar belakang tersebut, maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apa faktor utama yang menyebabkan siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur bermain game online. 2) Bagaimana strategi orang tua dalam penanganan game online pada siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan mix methods yaitu gabungan antara metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur yang berjumlah 85 siswa dan sampelnya berjumlah 38 siswa laki-laki yang bermain game online Chip Domino Island. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis kuantitatif guna untuk menjawab rumusan masalah pertama yang dianalisa dengan menggunakan rumus persentase (%) yang diperoleh dari hasil angket dan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah kedua yaitu teknik analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor utama yang menyebabkan siswa laki-laki di SMP Negeri 6 Simeulue Timur bermain game online Chip Domino Island yaitu faktor dari lingkungan bergaul, hal ini dibuktikan dari hasil angket bahwasanya yang menjawab lingkungan bergaul sebanyak 27 siswa atau (71,05%). Adapun strategi/cara yang dilakukan oleh orang tua dari siswa tentang penanganan game online pada siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur yaitu: tidak mendukung anak bermain game online, membatasi uang jajan, memberikan batasan waktu, menghindari anak untuk berinteraksi dengan pemain game online Chip Domino Island, memberikan saran dan nasihat serta memberikan perhatian lebih kepada anak. Maka dapat disimpulkan bahwa, strategi/cara yang dilakukan oleh sebagian orang tua siswa dalam penanganan game online pada siswa SMP Negeri 6 Simeulue Timur memiliki sikap peduli dan memiliki strategi yang tepat agar anak-anaknya tidak terpengaruh atau candu dengan game online terkhusus game online Chip Domino Island.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Felila Puspita
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:11
Last Modified: 07 Feb 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26525

Actions (login required)

View Item
View Item