Strategi Kepala Perpustakaan Dalam Peningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Banda Aceh.

Wela Rilah Ayu, 180206007 (2023) Strategi Kepala Perpustakaan Dalam Peningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Kepala Perpustakaan Dalam Peningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Banda Aceh] Text (Strategi Kepala Perpustakaan Dalam Peningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Banda Aceh)
Wela Rilah Ayu, 180206007, FTK, MPI, 082261292389.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Strategi Kepala Perpustakaan merupakan langkah yang baik dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Selama ini strategi yang dilaksanakan oleh Kepala Perpustakaan masih belum maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan strategi kepala perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menganalisis peluang yang dihadapi Kepala Perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMA Negeri 4 Banda Aceh, 2) untuk menganalisis tantangan yang dihadapi Kepala Perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMA Negeri 4 Banda Aceh, 3) untuk merumuskan strategi yang dilakukan Kepala Perpustakaan dalam meningkatkan minat baca Peserta didik di SMA Negeri 4 Bnada Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian adalah Kepala Perpustakaan, Staff Perpustakaan dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan SWOT dan Milles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peluang yang dihadapi Kepala Perpustakaan ada dua, Internal (Kekuatan) dan Eksternal (Kesempatan) jika Kepala Perpustakaan meningkatkan kekuatannya dan mengambil kesempatan yang ada maka minat baca di SMA Negeri 4 Banda Aceh akan meningkat. 2) Tantangan yang dihadapi Kepala Perpustakaan ada dua, Internal (Kelemahan) dan Eksternal (Ancaman) jika Kepala Perpustakaan meminimalisir kelemahan dan menghadapi ancaman yang ada maka minat baca di SMA Negeri 4 Banda Aceh meningkat. 3) Strategi yang dilakukan Kepala Perpustakaan adalah; mengupayakan kunjungan membaca, menambah koleksi buku, membuat pojok baca, mensosialisasikan manfaat baca, pemilihan duta baca, pengadaan lomba puisi, cerpen, pidato, bekerja sama dengan guru untuk mendukung program literasi, dan mengadakan kerja sama dengan perpustakaan sekolah lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Perpustakaan, Minat Baca
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wela Rilah Ayu
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:10
Last Modified: 07 Feb 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26529

Actions (login required)

View Item
View Item