Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Python Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Dina Aqmila, 180212067 (2023) Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Python Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Python Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)] Text (Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Python Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP))
Dina Aqmila, 180212067, FTK, PTI, 082265571740.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini tentang perancangan media pembelajaran bahasa pemrograman Python dengan menggunakan aplikasi Scratch di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran bahasa pemrograman Python untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 29 November s/d 30 November 2022. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Adapun teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Prosedur penelitian dilakukan mulai dari menganalisa kebutuhan, desain, pengembangan, uji kelayakan, revisi, uji coba, pembagian angket, analisa, kemudian kesimpulan. Media pembelajaran ini telah divalidasi oleh 2 ahli media dengan nilai persentase rata-rata 80%, dan 1 ahli materi dengan nilai persentase 91,6% maka media ini dikategorikan layak digunakan sebagai bahan ajar. Hasil uji coba media yang dilakukan pada 60 siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Banda Aceh yang menghasilkan nilai persentase sebesar 86,86%, dan membuktikan bahwa media pembelajaran bahasa pemrograman Python ini sangat menarik juga mempermudah siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Dina Aqmila
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:13
Last Modified: 08 Feb 2023 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26531

Actions (login required)

View Item
View Item