Analisis Layanan Sirkulasi Pada Senayan Library Management System (SLIMS) Terhadap Kepuasan Pustakawan Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat

Bela Afantika, 180503039 (2023) Analisis Layanan Sirkulasi Pada Senayan Library Management System (SLIMS) Terhadap Kepuasan Pustakawan Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Analisis Layanan Sirkulasi Pada Senayan Library Management System (SLIMS) Terhadap Kepuasan Pustakawan Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat] Text (Analisis Layanan Sirkulasi Pada Senayan Library Management System (SLIMS) Terhadap Kepuasan Pustakawan Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat)
Bela Afantika, 180503039, FAH, IP, 082274233194.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Layanan Sirkulasi Pada Senayan Library Management System (SLiMS) Terhadap Kepuasan Pustakawan di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 di Aceh Barat”. Penelitian ini mengkaji tentang kepuasan pustakawan terhadap layanan sirkulasi pada SLiMS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskripsi.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Informan yang di wawancarai dalam penelitian ini yaitu 1 orang pustakawan dan 2 orang tenaga pengelola perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pustakawan puas dengan menu dan fitur-fitur sirkulasi dalam kemudahan dan kebermanfaatan yang di dapatkan pada layanan sirkulasi dalam SLiMS sangat membantu, dalam proses peminjaman dan pengembalian bahan pustaka, kemudahan pengontrolan terhadap koleksi perpustakaan yang di pinjam, kejelasan laporan peminjaman koleksi perpustakaan, manfaat fitur-fitur layanan sirkulasi dan kesingkatan waktu yang diperlukan dalam pekerjaan sangat membantu pustakawan. Tetapi belum semua fitur-fitur yang ada pada SLiMS khususnya di layanan sirkulasi telah di implementasikan oleh pustakawan, kondisi ini terjadi karena minimnya pengetahuan pustakawan pada menu sirkulasi di Aplikasi SLiMS. Kemudian juga masih ada beberapa kendala yang di hadapi pada layanan sirkulasi, seperti terjadinya eror pada sistem layanan sirkulasi sehingga mengharuskan untuk menunggunya terlebih dahulu baru bisa melakukan transaksi peminjaman dan pengembalian, selanjutnya tidak tersedianya layanan OPAC sehingga pemustaka harus menanyakan kepada pustakawan.Meskipun dalam hal penggunaan, informan mengatakan mudah, namun mereka masih merasakan banyaknya kendala pada menu sirkulasi di SLiMS sehingga kepuasan pustakawan pada layanan sirkulasi dikatakan belum memuaskan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Bela Afantika
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:15
Last Modified: 07 Feb 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26534

Actions (login required)

View Item
View Item