Efektivitas Penggunaan Media Papan Percobaan Pada Mata Pelajaran Praktikum Instalasi Listrik Di SMK Negeri 2 Banda Aceh.

Muslihuddin, 170211118 (2023) Efektivitas Penggunaan Media Papan Percobaan Pada Mata Pelajaran Praktikum Instalasi Listrik Di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Papan Percobaan Pada Mata Pelajaran Praktikum Instalasi Listrik Di   SMK Negeri 2 Banda Aceh] Text (Efektivitas Penggunaan Media Papan Percobaan Pada Mata Pelajaran Praktikum Instalasi Listrik Di SMK Negeri 2 Banda Aceh)
Muslihuddin, 170211118, FTK, PTE, 085297842572.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran praktikum adalah salah satu cara yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar guna mengembangkan keterampilan, pemahaman, dan sikap. Beberapa manfaat praktikum diantaranya, melatih keterampilan yang dibutuhkan peserta didik, memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yng dimilikinya secara nyata dalam praktek, membuktikan sesuatu secara ilmiah, dan menghargai keterampilan yang dimilikinya.Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan beberapa temuan yang dapat dicapai dengan menggunakan beberapa prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran). Penelitian kuantitatif lebih memusatkan perhatian pada gejala-gejala atau fenomena-fenomena yang mempunyai karakteristik tertentu dalam kehidupan manusia, yang dinamakan sebagai variabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang efektivitas penggunaan media papan percobaan pada mata pelajaran praktikum instalasi listrik peneliti memperoleh nilai sebesar 100% yang mana angka tersebut masuk dalam kategori “sangat efektif” Hasil respon peserta didik terhadap efektivitas penggunaan media papan percobaan pada mata pelajaran praktikum instalasi listrik di SMKN 2 Banda Aceh masuk dalam kategori “efektif”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai “efektivitas penggunaan media papan percobaan pada mata pelajaran praktikum instalasi listrik di SMKN 2 Banda Aceh” peneliti mendapatkan hasil sangat efektif dengan peroleh 100% sedangkan Hasil respon peserta didik mengenai “Efektivitas Penggunaan Media Papan Percobaan Pada Mata Pelajaran Praktikum Instalasi Listrik Di SMKN 2 Banda Aceh” mendapatkan hasil yang efektif dengan persentase 82%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Praktikum, Papan percobaan.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muslihuddin Muslihuddin
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:13
Last Modified: 07 Feb 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26535

Actions (login required)

View Item
View Item