Analisis Praktik Green Banking Pada Bank Syariah di Kota Banda Aceh (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Aceh Syariah)

Shetty Nursabna, 180603246 (2022) Analisis Praktik Green Banking Pada Bank Syariah di Kota Banda Aceh (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Aceh Syariah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Praktik Green Banking Pada Bank Syariah di Kota Banda Aceh] Text (Analisis Praktik Green Banking Pada Bank Syariah di Kota Banda Aceh)
Shetty Nursabna, 180603246, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Seiring meningkatnya permasalahan lingkungan mendorong perbankan melakukan transformasi dalam perilaku dan kegiatannya yang dikenal dengan istilah green banking. Konsep green banking adalah sebuah strategi bisnis jangka panjang yang selain bertujuan profit juga mencetak benefit kepada pemberdayaan dan pelestarian lingkungan secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inisiasi praktik green banking pada bank syariah di kota Banda Aceh dengan mengidentifikasi keterlibatan Bank Muamalat Indonesia dan Bank Aceh Syariah dalam penerapan praktik green banking serta kendala yang dihadapi dalam penerapan praktik green banking dan penyelesaiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode field research (pendekatan lapangan melalui wawancara langsung terhadap karyawan pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh). Indikator kegiatan green banking yang digunakan dalam penelitian ini meliputi carbon emisi, green rewards, green building, reuse/recycle/refurbish, paper work atau paperless dan green investment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bank syariah di kota Banda Aceh yaitu Bank Muamalat Indonesia dan Bank Aceh Syariah telah melakukan praktik green banking berdasarkan indikator penelitian yaitu carbon emisi, green building, reuse/recycle/refurbish dan paper work atau paperless.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Shetty Nursabna Shetty
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:10
Last Modified: 07 Feb 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26539

Actions (login required)

View Item
View Item