Sistem Pertanggungan Risiko Kecelakaan Pada Mobil Rental Dalam Perspektif Akad Ijarah ‘Ala Al-Manfa’ah (Suatu Penelitian Pada Zahri Rental Di Ujong Blang Kecamatan Kuta Baro)

Alia Ramadhani, 180102050 (2022) Sistem Pertanggungan Risiko Kecelakaan Pada Mobil Rental Dalam Perspektif Akad Ijarah ‘Ala Al-Manfa’ah (Suatu Penelitian Pada Zahri Rental Di Ujong Blang Kecamatan Kuta Baro). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Pertanggungan Risiko Kecelakaan Pada Mobil Rental Dalam Perspektif Akad Ijarah ‘Ala Al-Manfa’ah] Text (Sistem Pertanggungan Risiko Kecelakaan Pada Mobil Rental Dalam Perspektif Akad Ijarah ‘Ala Al-Manfa’ah)
Alia Ramadhani, 180102050, FSH, HES, 082370618375.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pertanggungan risiko dalam praktik rental mobil adalah tanggung jawab perusahaan terhadap konsumen apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan yang menyebabkan objek sewa rusak. Tanggung jawab yang diberikan pihak Zahri Rental yaitu berupa ganti kerugian. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk pertanggungan atas risiko kecelakaan antara pihak penyewa dan pemilik sewa, bagaimana konsekuensi akibat risiko yang ditanggung oleh pihak mobil rental dan bagaimana perspektif akad ijarah ‘ala al-manfa’ah terhadap sistem pertanggungan risiko kecelakaan oleh pihak mobil rental. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan normatif empiris dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pertanggungan atas risiko kecelakaan antara pihak penyewa dan pemilik sewa diatur berdasarkan jenis kecelakaan yang terjadi. Ketika terjadi kerusakan pada objek sewa bukan karena kesengajaan pihak penyewa, pihak Zahri Rental membebankan tanggung jawab sepenuhnya kepada pihak penyewa dan penyewa diharuskan membayar lagi uang sewa ketika objek sewa masuk bengkel asuransi, padahal di awal penyewa telah membayar klaim asuransi apabila suatu hari terjadi kecelakaan. Hal ini disebabkan Pihak Zahri Rental beranggapan bahwa konsekuensi yang ditanggung sangat besar, dimana mobil tersebut ketika masuk bengkel asuransi tidak dapat beroperasi yang menyebabkan pihak Zahri Rental tidak memperoleh penghasilan. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem pertanggungan risiko yang diterapkan belum sesuai dengan perspektif akad ijarah ‘ala al-manfa’ah, para ulama telah memformulasikan bahwa seluruh pertanggungan risiko yang muncul dalam akad Ijarah ‘Ala Al-Manfa’ah tersebut yang bukan disebabkan oleh faktor kesengajaan pihak penyewa maka risiko itu ditanggung sepenuhnya oleh pihak pemilik sewa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alia Ramadhani Alia
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:26
Last Modified: 08 Feb 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26541

Actions (login required)

View Item
View Item