Perancangan Media Pembelajaran Pada Materi Komunikasi Dalam Jaringan Berbasis Desktop (Studi Kasus Pada SMK Darul Ihsan)

Miski Silviani, 180212041 (2023) Perancangan Media Pembelajaran Pada Materi Komunikasi Dalam Jaringan Berbasis Desktop (Studi Kasus Pada SMK Darul Ihsan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Pada Materi Komunikasi Dalam Jaringan Berbasis Desktop (Studi Kasus Pada SMK Darul Ihsan)] Text (Perancangan Media Pembelajaran Pada Materi Komunikasi Dalam Jaringan Berbasis Desktop (Studi Kasus Pada SMK Darul Ihsan))
Miski Silviani, 180212041, FTK, PTI, 081213461060.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Materi pembelajaran yang sulit dipahami siswa dapat dijelaskan oleh guru dengan lebih baik melalui media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk perancangan media pembelajaran materi komunikasi dalam jaringan dengan menggunakan metode computer based learning dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMK Darul Ihsan Aceh Besar sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah research and development dan dilakukan pada tanggal 15 s/d 20 Oktober 2022 dengan langkah penelitian dimulai dari observasi, perencanaan, desain produk, pembuatan produk, validasi produk, revisi produk, uji coba, pembagian angket, analisis dan hasil akhir produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi awal, pembagian angket dan tes yang dibagi menjadi 2 tes yaitu pretest dan posttest. Penelitian ini dilakukan oleh 30 siswa pada kelas X SMK Darul Ihsan Aceh Besar, diperoleh dari hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% yaitu t_hitung> t_tabel (12,272 > 2,045), dinyatakan H_o ditolak dan H_a diterima yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran. Produk media ini juga telah divalidasi oleh 2 ahli media dengan nilai 90% dan 84% serta guru sebagai ahli materi dengan nilai 88,4% dengan kategori sangat bagus sekali untuk digunakan sebagai bahan ajar. Adapun hasil belajar siswa setelah menggunakan media ini dinilai positif oleh siswa yaitu 79,97% dengan kategori setuju. Hasil ini membuktikan bahwa media pembelajaran materi Komunikasi Dalam Jaringan berbasis desktop dapat diterapkan pada siswa kelas X SMK Darul Ihsan Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Miski Silviani
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:15
Last Modified: 08 Feb 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26542

Actions (login required)

View Item
View Item