Problematika dalam Pembelajaran Biologi Secara Daring Pada Semester Ganjil Tahun 2020/2021 (Studi Kasus di Kelas XI Pada SMAN 9 Aceh Barat Daya)

Ayu Anjelina, 150207108 (2022) Problematika dalam Pembelajaran Biologi Secara Daring Pada Semester Ganjil Tahun 2020/2021 (Studi Kasus di Kelas XI Pada SMAN 9 Aceh Barat Daya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Problematika dalam Pembelajaran Biologi Secara Daring Pada Semester Ganjil Tahun 2020/2021] Text (Problematika dalam Pembelajaran Biologi Secara Daring Pada Semester Ganjil Tahun 2020/2021)
Ayu Anjelina, 150207108, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran secara daring merupakan salah satu upaya dalam pencegahan penularan virus Covid-19 yang sedang menyebar luas di masyarakat Indonesia. Pembelajaran ini menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk melanjutkan proses pembelajaran siswa yang tertunda di sekolah di masa pandemi covid-19 khususnya di SMA Negeri 9 Abdya. Pada kenyataannya banyak kendala dan masalah yang dirasakan baik oleh guru maupun siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan problematika yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran biologi berbasis daring pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Abdya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Expost Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 9 Aceh Barat Daya sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa-siswa kelas XI MIA yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk angket dan wawancara yang masing-masing terdiri dari 20 butir soal angket dan 10 butir soal wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Angket Deskriptif dan Analisis Lembar Wawancara Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa mengalami kendala dalam proses pembelajaran secara daring di antaranya guru tidak mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran, adapun kendala yang dialami siswa yaitu tidak dapat mendengar langsung penjelasan dari guru sehingga materi susah dipahami, serta keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki siswa untuk menunjang pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ayu Anjelina Ayu
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:39
Last Modified: 08 Feb 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26554

Actions (login required)

View Item
View Item