Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 18 Banda Aceh Pada Mata Pembelajaran TIK

Cut Adelya Asna Thasya, 180212003 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 18 Banda Aceh Pada Mata Pembelajaran TIK. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 18 Banda Aceh Pada Mata Pembelajaran TIK] Text (Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 18 Banda Aceh Pada Mata Pembelajaran TIK)
Cut Adelya Asna Thasya, 180212003, FTK, PTI, 081344579007.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran dengan bantuan Articulate Storyline dapat membangkitkan minat siswa sehingga proses pembelajaran membawa pengaruh bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan dengan penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 18 Banda Aceh. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode nonequivalent kontrol group design dengan melibatkan dua kelompok (kelas kontrol dan kelas eksperimen) dan jumlah populasi sebanyak 144 siswa dengan sampel 57 siswa. Teknik dalam pengumpulan data secara observasi awal dan tes yang dibagi menjadi 2 tes yaitu pre-test dan post-test. Tahapan pada penelitian ini dimulai dari melihat nilai pre-test yang diambil dari nilai ujian harian, pembelajaran menggunakan media Articulate Storyline, pemberian post-test¸analisis data secara deskriptif dan inferensial, uji hipotesis dan hasil pembahasan. Penelitian dilakukan pada 27 siswa di kelas VII-2 sebagai kelas ekperiment dan 30 siswa di kelas VII-5 sebagai kelas kontrol SMPN 18 Banda Aceh, pada kelas kontrol siswa tidak ada yang mendapatkan nilai diatas KKM ≥ 70 pada pre-test dan Post-test. Pada pre-test kelas ekperiment di peroleh 2 siswa dan pada post-test berjumlah 18 siswa. Setelah itu, dilakukan uji hipotesis dengan hasil Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikansi 5% yang berarti terjadinya pengaruh yang signifikan pada peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 18 Banda Aceh yang menggunakan media Interaktif Articulate Storyline.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Cut Adelya Asna Thasya
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:23
Last Modified: 08 Feb 2023 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26557

Actions (login required)

View Item
View Item