Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan

Safrijal, 180604037 (2022) Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan] Text (Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan)
Safrijal, 180604037, FEBI,IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Nelayan merupakan penyumbang terbesar dalam hal kemiskinan di Indonesia, saat ini terdapat 7,87 Juta masyarakat miskin dan 2,2 Juta jiwa masyarakat penduduk nelayan sangat miskin di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar di 10,640 desa nelayan di indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesejahteraan nelayan di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan dilihat melalui indikator BKKBN (2021) yang di dirangkum dalam tujuh indikator. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, kuesioner, dan wawancara selanjutnya dianalisis dengan pendekatan kualitatif model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa masyarakat nelayan di Kecamatan Meukek sebagian besar tergolong sebagai Keluarga Sejahtera II dengan persentase 47%, 33% tergolong dalam Keluarga Sejahtera III dan 20% tergolong dalam Keluarga Sejahtera III Plus. Hal tersebut di akibat oleh mata pencaharian yang sangat bergantung pada kondisi alam serta modal yang kurang mencukupi dan teknologi yang kurang memadai. Upaya mengatasi yang dilakukan adalah menyalurkan Bantuan Langsung Mandiri (BLM) dan bantuan sarana prasarana penangkapan ikan, kemitraan kelompok nelayan dengan lembaga perbankan, peningkatan kualitas SDM nelayan, peningkatkan partisipasi nelayan dalam pengembangan usaha perikanan, peningkatkan infrastruktur bidang perikanan dan kelautan, serta memelihara lingkungan kelautan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Safrijal Ijal
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:12
Last Modified: 09 Feb 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26558

Actions (login required)

View Item
View Item