Peran Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Dalam Pemberdayaan Petani Kopi Gayo Di Desa Wih Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah

Samsul Kamari, 170404055 (2023) Peran Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Dalam Pemberdayaan Petani Kopi Gayo Di Desa Wih Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Dalam Pemberdayaan Petani Kopi Gayo Di Desa Wih Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah] Text (Peran Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Dalam Pemberdayaan Petani Kopi Gayo Di Desa Wih Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah)
Samsul Kamari, 170404055, FDK, PMI, 082197807170.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Daratan tinggi Gayo merupakan salah satu dearah penghasil kopi di Indonesia dan pengekspor biji kopi terbesar keempat di dunia, yang mampu menghasilkan sekitar 40% biji kopi jenis arabica tingkat premium dari total panen kopi di Indonesia. Koperasi sebagai perkumpulan untuk kesejahteraan bersama, melakukan usaha dan kegiatan di bidang pemenuhan kebutuhan bersama dari para anggotanya. Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarkat melalui komoditas kopi gayo, membutuhkan strategi maupun rencana yang matang dalam pengembangannya seperti yang dilakukan pihak Koperasi Qiradh Baburrayyan kepada para petani yang ada di Desa Wih Nareh Kecamatan Pegasing. Adapun tujuan pada penelitian ini ingin mengetahui bagaimana proses pemberdayaan petani kopi gayo yang dilakukan KBQ Baburrayyan serta kendala yang dihadapi KBQ Baburrayyan dalam melakukan pemberdayaan terhadap Petani Kopi Gayo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang di dapat dari penelitian ini bahwa, Peran KBQ Baburrayyan dalam pemberdayaan petani kopi Gayo di Desa Wih Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah telah berjalan cukup baik Terlihat dari adanya beberapa program pemberdayaan yang saat ini sedang berlangsung yaitu dengan merangkul tenaga kerja dan anggota kelompok tani dari masyarakat yang ada di Desa Wih Nareh sehingga angka pengangguran menurun. Kemudian melakukan bimbingan kepada masyarakat seperti pelatihan dan sosialisasi. Selanjutnya pihak Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan juga memberi bantuan bibit selain kopi karena kopi memiliki masa jeda panen tujuannya agar menunjang perekonomian petani kopi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Samsul Kamari
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:46
Last Modified: 08 Feb 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26559

Actions (login required)

View Item
View Item