Rancang Bangun Media Pembelajaran Sambung Ayat Al-Quran Juz 30 Studi Khasus TPQ Al-jihad Montasik

Muhammad Hazaqil Afif, 170212047 (2022) Rancang Bangun Media Pembelajaran Sambung Ayat Al-Quran Juz 30 Studi Khasus TPQ Al-jihad Montasik. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Rancang Bangun Media Pembelajaran Sambung Ayat Al-Quran Juz 30 Studi Khasus TPQ Al-jihad Montasik] Text (Rancang Bangun Media Pembelajaran Sambung Ayat Al-Quran Juz 30 Studi Khasus TPQ Al-jihad Montasik)
Muhammad Hazaqil Afif, 170212047, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Al-Quran merupakan salah satu sumber utama syariat Islam serta panduan atau pedoman hidup bagi manusia. Pembelajaran Al-Qur'an pada anak usia dini sangatlah penting karena agama merupakan salah satu pondasi yang harus dibangun sejak usia dini. Hendaknya belajar Al-Qur'an harus dimulai sejak dini yaittu anak pada usia 5 atau 6 tahun. Dengan rumusan masalah: 1). Bagaimana membangun media pembelajaran yang menarik yang dapat digunakan dalam proses belajar Al-Quran dan daya ingat ayat-ayat Al-Quran untuk anak?. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). subjek penelitian yang di ambil yaitu ustad dan ustadzah di TPQ Al-Jihad Montasik, Ustad diminta untuk menerangkan media pembelajaran kepada setiap santri dan santriwati. Hasil penelitian penerapan media pembelajaran ini berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi dengan kriteria sangat valid dengan presentase ahli media 100% dan ahli materi 92%. Kemudian hasil dari uji coba kelayakan media pembelajaran pada ustad dengan kriteria baik dengan presentase 68%. Hasil menunjukkan bahwa dari sisi kelayakan dan penggunaan media pembelajaran dapat diterapkan dan layak dipakai untuk membantu pembelajaran di TPQ Al-jihad Montasik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhammad Hazaqil Afif Afif
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:27
Last Modified: 10 Feb 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26564

Actions (login required)

View Item
View Item