Pengembangan Modul Praktikum Interaktif Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Aplikasi Kotobee

Cut Nursafira, 170212099 (2022) Pengembangan Modul Praktikum Interaktif Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Aplikasi Kotobee. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul Praktikum Interaktif Algoritma dan  Pemrograman Menggunakan Aplikasi Kotobee] Text (Pengembangan Modul Praktikum Interaktif Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Aplikasi Kotobee)
Cut Nursafira, 170212099, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan dari modul interaktif yang dirancang menggunakan aplikasi Kotobee untuk proses praktikum pada mata kuliah algoritma dan pemrograman. Karena dengan perkembangan teknologi gadget pengajar harus bisa menciptakan sebuah bahan ajar yang bervariasi dan juga jarang adanya bahan ajar interaktif khususnya pada mata kuliah algoritma dan pemrograman yang membuat mahasiswa kurang aktif dalam proses belajar. Modul dapat diartikan sebagai salah satu bahan ajar yang telah dirancang dengan utuh dan teratur, didalamnya memuat isi tentang pengalaman belajar yang telah disusun dan didesain untuk membantu pelajar dalam menguasai tujuan belajar dengan teratur. Dengan aplikasi Kotobee ini modul bisa dibuat menjadi lebih interaktif dan menarik untuk di pelajari karena dapat menambahkan audio, video, gambar 3D, quiz dan adanya notes yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat catatan penting dan bisa di akses pada berbagai device. Penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan ADDIE dengan menggunakan tahap-tahap pelaksanaannya yaitu Analysis, Design, Development, implementation dan Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa validitas ahli materi memiliki persentase 100% dengan kategori “Sangat Valid” dan hasil validitas ahli media dengan persentase 88% yang memiliki kriteria “Sangat Valid”. Sedangkan hasil penelitian dari 17 responden terhadap mahasiswa memiliki respon yang positif yaitu memiliki persentase sebanyak 84% dengan kriteria “Sangat Layak”, sehingga secara menyeluruh modul praktikum interaktif ini sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Cut Nursafira Cut
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:19
Last Modified: 10 Feb 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26565

Actions (login required)

View Item
View Item